Sunday, October 24, 2010

Kisah penipu amatiran

Ini cerita tentang seorang penipu yang bego, tolol nya ga ketulungan. mau tau? just read this ;)

pas gue jalan" sama mama, tiba-tiba ada SMS masuk ke HP gue. dan nomernya tuh nomer asing (belum ada namanya d kontak gue)
pas gue buka, isinya gini

"tolong dong isiin pulsa ke sini, ini nomer mama yg baru. yang 50000 ya. ntar mama ganti. makasih"

gue pun cuma senyum dan ngeliatin sms ini ke mama. spontan, mama gue langsung ngakak
"haha nu nipu teh sok ngalucu wae"

akhirnya gue bales sms itu, isinya

"eh lu jadi penipu gobl*k banget sih. tol*l emang. mama gue ga punya hape, dan gue lagi sama mama gue skrg. mau nipu pinter dikit kek. bego lu"

dan akhirnya, tu nomer ga ngebales sms gue lagi. haha makan tuh pulsa 50000!

Sunday, October 10, 2010

KUALITAS PENDIDIKAN INDONESIA

Pendidikan merupakan investasi atau aset yang berharga bagi setiap orang. Dimana investasi akan dapat meningkatkan nilai stock manusia dengan kualitas pendidikan yang bermutu. Tanpa pendidikan, taraf hidup serta standar kualitas seorang manusia bisa dikatakan akan berdampak buruk. Seseorang yang memperoleh pendidikan yang semakin tinggi tentunya akan mempunyai kualitas yang jauh lebih baik dibandingkan mereka yang hanya tamat sekolah dasar. Pada sektor pendidikan ini belum menjadi sektor utama perhatian pemerintah. Buktinya, masih banyak sekolah rusak, anak putus sekolah dan buta huruf. Pada tingkat SD hingga SMP, pemerintah telah mencanangkan program sekolah gratis. Terutama yang berada pada daerah pemukiman dan pinggiran kota. Hal ini dimaksudkan agar memberikan peluang bagi masyarakat yang berpenghasilan rendah dapat mengenyam pendidikan sama dengan masyarakat yang memiliki taraf hidup lebih tinggi.
Setiap negara diseluruh dunia begitu menekankan pentingnya kualitas pendidikan. Salah satu langkah konkret untuk meningkatkan kualitas pendidikan adalah dengan menetapkan anggaran pendidikan yang lebih besar dibandingkan anggaran lainnya. China dan Korea Selatan menjadi dua negara yang begitu menekankan pentingnya pendidikan bagi rakyatnya. Anggaran pendidikan di China mencapai 13,1% dari anggaran negara, sedangkan di Korea Selatan anggaran pendidikan negara mencapai 18,9%. Bandingkan dengan Indonesia yang memang menganggarkan anggaran pendidikan sebesar 20%, namun pada prakteknya masih jauh dari kenyataan.
Namun, beberapa tahun ini Indonesia telah meningkatkan angka partisipasi sekolah dengan baik. Angka partisipasi, terutama pada jenjang pendidikan dasar, dapat disejajarkan dengan negara-negara di Asia bagian timur lain yang mempunyai tingkat pendapatan perkapita yang lebih tinggi. Angka partisipasi ini sempat menurun ketika krisis, namun segera meningkat karena disebabkan salah satunya oleh pengenalan program beasiswa dan dana sekolah yang dimaksudkan untuk menjamin setiap anak bisa bersekolah.
Masalah dalam kualitas dan pelayanan Pendidikan
A.Lemahnya sistem pendidikan serta pelayanan dalam kegiatan belajar mengajar
Sistem pendidikan di Indonesia sangat lemah dalam proses belajar mengajar, ini bisa dilihat adanya pergantian mentri maka berganti pula sistem pendidikan yang diterapakan. Tidak bakunya standar pendidikan kita juga menyebabkan ketidapastian dalam usaha peningkatan kualitas pendidikan. Bahkan untuk menetapkan standar kelulusan pun Indonesia masih sering kebingungan. Tidak hanya sekedar masalah kurikulum, kualitas pengajar pun bisa dibilang tidak sesuai dengan standar yang seharusnya. Kebanyakan para guru yang ditugaskan oleh tiap sekolah untuk memberikan transfer ilmu seperti kebingungan dalam mengajar. Entah karena bingung dengan standar pendidikan yang selalu berubah atau karena memang tidak ahli dalam bidang yang diajarkan.
B. Kinerja Tenaga Kependidikan belum maksimal
Berbeda dengan kebanyakan negara, Indonesia memperbolehkan semua lulusan institusi pendidikan keguruan menjadi tenaga pengajar, tanpa perlu melewati ujian dalam hal kesiapan untuk memberikan ilmu pengetahuan dan keahlian mereka pada kondisi sekolah yang beragam. Pada waktu yang sama terdapat kesulitan untuk memberhentikan tenaga pengajar yang tidak mampu mengajar. Saat ini, dari sekitar 2,7 juta guru ada 1,7 yang belum terkualifikasi sarjana atau diploma 4. Dari jumlah itu, 1 juta guru mengajar di Sekolah Dasar dan 173 ribu mengajar di Madrasah Ibtidaiyah. Sebanyak 723 ribu guru yang belum terkualifikasi berstatus guru swasta. Ini yang membuat kualitas pendidikan menjadi rendah.
C. Kualitas pelayanan pendidikan pun bisa sangat memprihatinkan
Masih banyaknya bangunan sekolah yang sangat buruk kondisinya. Sekolah- sekolah yang beratapkan langit pun sering kita temui. Lantainya pun terbuat langsung dari tanah, serta tidak cukupnya buku-buku yang seharusnya didapatkan oleh setiap siswa. Belum lagi mahalnya biaya sekolah dan kuliah yang menyebabkan banyak orangtua yang enggan untuk menyekolahkan anak-anak mereka. Padahal kita semua tahu bahwa pendidikan merupakan hak bagi seluruh warga negara Indonesia. Inilah realita yang dialami dunia pendidikan di Indonesia.
· Langkah Penyelesaian Masalah Dalam Meningkatkan Kualitas
Pendidikan
Sejumlah permasalahan dalam pendidikan menunjukkan perlunya suatu agenda reformasi yang didorong oleh keinginan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dasar di Indonesia. Peningkatan kualitas pendidikan ini dapat dilakukan melalui :
  1. Menerapkan manajemen berbasis sekolah
Diharapkan sekolah serta masyarakat dapat ikut berkontribusi dalam peningkatan mutu pendidikan dasar secara signifikan. Peningkatan manajemen berbasis sekolah dapat ditempuh dengan cara:
a.Persiapkan tenaga pengajar yang lebih baik dalam mengelola sekolah.
Bangun dan kembangkan program pelatihan yang efektif dalam perencanaan dan pembuatan anggaran, pengelolaan keuangan, membuat suatu penilaian dan strategi komunikasi bagi kepala sekolah dan anggota komite sekolah.
b. Menciptakan hibah pendidikan yang pro-orang miskin untuk proyek-proyek
yang didasarkan atas insiatif sekolah dan masyarakat.
Beberapa hibah dapat merangsang munculnya inovasi serta percobaan dalam mencari sistem pendidikan yang baik, terutama dengan maksud untuk mengurangi ketimpangan yang terjadi di daerah miskin. Bantuan khusus amat dibutuhkan bagi sekolah-sekolah dengan kualitas yang masih dibawah standar minimal.
2. Membangun jaminan kualitas dan sistem pengawasan secara nasional
Sistem pelaporan informasi pendidikan dengan cara lama yang sentralistis telah berakhir. Sistem tersebut harus digantikan dengan mekanisme yang lebih ditentukan oleh kebutuhan akan informasi dan kemampuan daerah, sistem itu juga harus dapat melayani kebutuhan manajemen di setiap jenjang pendidikan serta menekankan standar kecakapan dan akuntabilitas. Pada tingkat sekolah, informasi pendidikan merupakan alat untuk mengevaluasi pemahaman murid dalam mata pelajaran tertentu, dan informasi ini juga berperan sebagai alat komunikasi mengenai kebutuhan serta keberhasilan yang telah dicapai oleh sekolah kepada orang tua maupun kepada komunitas sekolah pada umumnya.
  1. Meningkatkan kualitas pengajaran melalui reformasi jenjang karir guru
Tenaga pengajar merupakan media utama dimana melalui mereka murid-murid belajar dan alokasi dana untuk gaji guru memakan sebagian besar anggaran publik. Para tenaga pengajar di Indonesia sepakat mengenai perlunya kebutuhan untuk mereformasi profesi guru. Reformasi ini dapat ditempuh melalui :
a. Memperkenalkan sistem akreditasi yang transparan.
Sistem akreditasi ini harus mencakup program pelatihan sebelum mengajar selama dua tahun ke depan. Seluruh proses akreditasi tersebut diselesaikan dalam waktu 4 tahun ke depan. Berbagai program pelatihan tersebut juga diharuskan untuk mendapatkan akreditasi ulang setiap lima tahun sekali. Kemudian publikasikan secara lebih luas hasil dari proses akreditasi tersebut, termasuk hasil dari akreditasi ulang. Untuk mendukung sistem akreditasi ini, pihak pemerintahan daerah serta pihak sekolah diharapakan agar mempekerjakan tenaga pengajar yang hanya berasal dari program yang telah terakreditasi.
b.Tempatkan dan promosikan guru berdasarkan kualitas.
Mengentikan praktek pembelian posisi guru dan gantikan dengan menciptakan suatu ujian praktek dan proses sertifikasi untuk para guru di tingkat nasional, kemudian kemukakan secara terbuka proses pendaftaran serta seleksinya. Publikasikan hasil ujian praktek guru tersebut kepada media massa. Para guru juga dituntut untuk selalu memperbarui sertifikat mereka secara periodik dalam rangka promosi jabatan.
c. Memulai program pengembangan untuk seluruh jenjang karir bagi guru dan kepala
sekolah.
Program tersebut harus meliputi persiapan pra-mengajar, kemudian penempatan
mengajar dan terakhir pengembangan profesi yang berkelanjutan.
d.Meningkatkan kesejateraan guru
Pemerintah harus memperhatikan kesejahteraan guru, kita bias melihat banyak guru yang berpenghasilan rendah namun tidak sebanding dengan pengorbanan yang dilakukan dalam proses belajar mengajar.
4. restrukturisasi peran departemen pendidikan
Sebagai bagian dari pergantian pemerintahan, departemen pendidikan dituntut untuk melakukan restrukturisasi dan transformasi di masa yang akan datang. Tugas utama kementrian pendidikan di era desentralisasi bukan lagi memberikan pelayanan pendidikan secara langsung. Tugas kementrian harus meliputi pembuatan kebijakan, mengatur standar pendidikan, mengukur performa, pemberdayaan unit-unit pendidikan yang telah didesentralisasi untuk mencapai standar kualitas, merangsang inovasi serta memperluas pembelajaran melalui eksperimen, dan memberikan perhatian besar pada ketimpangan pendidikan diantara daerah yang kaya dengan miskin serta fokus pada ketidakmampuan daerah miskin untuk menyediakan pendidikan dengan kualitas yang mencukupi. Lembaga yang sentralistis serta birokrasi yang besar sudah tidak dibutuhkan lagi untuk menyelesaikan tantangan yang dihadapi oleh Indonesia saat ini. Pada kenyataannya, hal itu malah akan menghambat pembangunan. Penetapan sistem pendidikan yang baku serta tidak harus berubah pada setiap pergantian menteri harus bisa menjadi target pemerintah. Hal ini bisa memberikan kepastian bagi setiap pengajar dan sekolah.
(sumber : http://www.scribd.com/doc/28483680/Kualitas-Pendidikan-Di-Indonesia)

Pengertian Dribble dan Tehnik Dribble

DRIBBLE (BOLA BASKET)
· Menggiring bola (dribbling ball) adalah suatu usaha membawa bola ke depan. Caranya yaitu dengan memantul-mantulkan bola ke lantai dengan satu tangan. Saat bola bergerak ke atas telapak tangan menempel pada bola dan mengikuti arah bola. Tekanlah bola saat mencapai titik tertinggi ke arah bawah dengan sedikit meluruskan siku tangan diikuti dengan kelenturan pergelangan tangan. Menggiring bola dalam permainan bola basket dapat dibagi menjadi dua cara, yaitu menggiring bola rendah dan menggiring bola tinggi. Menggiring bola rendah bertujuan untuk melindungi bola dari jangkauan lawan. Menggiring bola tinggi dilakukan untuk mengadakan serangan yang cepat ke daerah pertahanan lawan.
· Dribbling atau memantul-mantulkan bola (membawa bola) dapat dilakukan dengan sikap berhenti, berjalan atau berlari. Pelaksanaannya dapat dikerjakan dengan tangan kanan atau tangan kiri, seperti :
1. Dribble rendah
2. Dribble tinggi
3. Dribble lambat
4. Dribble cepat
· Teknik Menggiring Bola (Dribbling)

Bentuk-bentuk menggiring bola basket adalah sebagai berikut
a) Menggiring bola tinggi (untuk kecepatan)
b) Menggiring bola rendah ( untuk mengontrol atau menguasai, terutama dengan pemain lawan dalam menerobos pertahanan lawan)
c) Menggiring campuran menurut kebutuhan. Perubahan dari menggiring tinggi dan rendah atau sebaliknya sangat dibutuhkan untuk gerakan tiba-tiba
Dribbling adalah salah satu skill dasar yang harus dipelajari. Tidak hanya mempelajari cara dribbling yang bagus, tapi penting juga untuk mengetahui kapan harus men-drbble bola dan tidak. Seorang pemain yang terlalu sering melakukan dribbling dapat mematikan pergerakan dan momentum tim. Untuk menjadi seorang pemain yang bagus dalam dribbling dan ball handling, harus sesering mungkin melakukan latihan, menggunakan kedua tangan.
Dribble bola dapat dilakukan ketika:
  1. Untuk membawa bola ke front-court (menghindari pelanggaran 8 seconds).
  2. Melakukan drive ke ring basket.
  3. Untuk mendapatkan kesempatan shooting yang lebih baik.
  4. Untuk mendapatkan kesempatan passing yang lebih baik.
  5. Menghindari trap yang dilakukan oleh lawan.
  6. Memperlambat tempo permainan saat pertandingan akan berakhir.
Bagaimana cara dribble bola yang baik
Gunakan ujung jari, bukan telapak tangan. Gunakan lengan bawah dan pergelangan tangan untuk memantulkan bola. Jangan melihat pada bola, jaga kepala tetap tegak dan pandangan ke depan. Ketika melakukan latihan dribbling, selalu menggunakan tangan kanan maupun kiri.
Jenis dribble
Control dribble (ketika posisi defender sangat dekat)
Ketika defender menjaga dengan ketat, selalu gunakan control dribble. Posisi badan sedikit membungkuk. Usahakan posisi badan selalu di antara bola dan defender. Pantulan bola harus rendah, berada agak sedikit di belakang dan dekat dengan badan. Tangan yang lain tetap lurus, untuk mengantisipasi pergerakan defender. Tidak boleh mendorong atau menarik defender, tetapi boleh menguatkan lengan untuk mencegah defender meraih bola. Jangan berhenti men-dribble bola sampai bisa melakukan shooting atau passing. Jika sampai dribbling dihentikan, menjadikan situasi dead ball, dan satu atau dua pemain defender akan segera mendekat.
Speed dribble (ketika tidak terjaga)
Untuk membawa bola dengan cepat, gunakan speed dribble. Dorong bola ke depan, pantulkan bola setidaknya setinggi pinggang. Seperti biasa, kepala harus tetap tegak dan pandangan ke depan, sehingga bisa mengetahui kondisi teman dan lawan. Bergerak secepat mungkin, tapi jangan lebih cepat dibanding dengan kemampuan mengontrol bola. "You must be quick, but never hurry". Sering kali jump stop yang dilakukan pada akhir dribble dapat digunakan untuk menghindari pelanggaran traveling sambil tetap mengontrol bola.
Crossover dribble
Sederhana saja, crosover dribble digunakan untuk memindahkan dribbling dari satu tangan ke tangan yang lain, dengan memantulkan bola menyilang ke tangan yang lain. Kemudian tangan yang lain menguasai bola dan melakukan dribbling. Dribbling ini dapat digunakan untuk mengubah arah pergerakan dengan cepat.
In and out dribble
In and out dribble merupakan gerakan tipuan yang dapat digunakan untuk melewati defender. Dengan gerakan ini, pantulkan bola sekali di depan seperti akan melakukan crossover dribble, bukannya menguasai bola dengan tangan yang lain, tetapi justru tetap menggunakan tangan yang sedang men-dribble bola untuk membawa bola ke arah semula untuk melewati defender. Misalnya, jika sedang men-dribble dengan tangan kanan, pantulkan bola di depan dan pindahkan berat tubuh ke kaki kiri. Dari sudut pandang defender, hal ini akan terlihat seperti crossover dribble ke kiri. Tetapi, gunakan tangan kanan untuk menguasai bola dari sisi atas bola dan secepatnya bawa bola kembali ke arah semula.
Hesitation dribble
Teknik juga merupakan gerak tipuan yang bisa digunakan untuk melewati defender. Pertama, lakukan speed drible mengarah ke defender, kemudian tiba-tiba berhenti, saat defender mendekat, kembalikan kecepatan seperti semula dengan melakukan speed dribble ke salah satu sisi defender. Gerakan ini dapat dikombinasikan dengan crossover dribble.
Behind the back dribble dan through the legs dribble
Kalau dulu, melakukan dribble behind the back atau through the legs dianggap sebagai teknik untuk pamer skill saja, tapi sekarang tidak lagi. Gerakan ini bisa sangat berguna jika digunakan dengan benar dan dalam situasi yang tepat. Dribble ini baik dilakukan di ruang terbuka, misalnya seorang guard sedang membawa bola dengan presure ketat dari seorang defender. Ketika sedang melakukan dribble dengan tangan kanan, defender biasanya akan condong ke kanan. Pada saat itu, lakukan dengan cepat behind the back atau between the legs dribble, dan arah pergerakan berubah ke kiri. Kenapa tidak melakukan crossover dribble yang sederhana saja? Karena defender berada sangat dekat, sehingga bisa saja dia melakukan steal. Dengan teknik behind the back atau through the legs, proteksi bola akan lebih baik karena posisi badan tetap berada di antara bola dan defender.
Spin Move
Gerakan spin merupakan gerakan yang sangat bagus digunakan untuk melewati defender. Tetapi tetap waspada, karena defender bisa saja melakukan steal dari belakang. Ketika melakukan spin, reverse pivot menggunakan kaki yang lebih di depan, tarik bola, dan secepatnya putar badan ke belakang. Jangan sampai tangan berada di bawah bola (pelanggaran carrying). Kemudian lanjutkan dengan dribble menggunakan tangan yang lain.
Back-up dribble dan crossover
Back-up dribble sangat berguna untuk menghindari trap dari defender. Dribble mundur ke belakang dan selanjutnya lakukan crossover dengan cepat (atau behind the back atau through the legs dribble)

Monday, October 4, 2010

Allah memang Maha Adil ;)

Allah memang Maha Adil.. Kalian harus percaya itu ;)
do'a yang dipanjatkan seseorang yang terdzalimi, akan selalu didengar oleh Allah SWT :)
oke, karma emang ga ada dalam Islam, yang ada itu pembalasan. Pembalasan akan selalu ada, bahkan Allah pun menjanjikan hari Pembalasan (hari kiamat) .

jangankan menunggu hari kiamat yang masih lama, pembalasan memang selalu ada.
bagi yang baik, maupun bagi yang buruk .
dan Allah telah memperlihatkan keadilan-Nya pada hamba-Nya.. termasuk pada saya :D

jujur, saya pernah disakiti oleh seseorang. dan, seseorang yang pernah menyakiti saya itu, sekarang berbalik disakiti oleh orang lain.. yah, saya ikut sedih, hanya saja..
saya sedikit terhibur dan senang.. karena rasa sakit hati yang pernah saya rasakan itu.. ia rasakan juga sekarang.

Maaf, bukan maksud "Senang di Atas Penderitaan Orang", tapi saya hanya ingin "berbagi" penderitaan saja.
ga enak kan, rasanya disakithati-in sama orang yang kita sayang. ga enak kan?
makannya, jangan gitu sama orang lain :)

dan sekarang, saya hanya bisa mengatakan "bersabar lah, dan selamat menikmati 'rasa' yang pernah saya rasakan :)"
kalo gue prediksi sih.. dia kayaknya nembak cewe barunya, tapi.. ditolak! ehehe..
yaa lagian, baru kenal udah maen tembak-tembak kan..
gue tau, dia nge share di FB sih ..

terus kayaknya dia baca status FB gue yg isinya pembalasan gitu deh..
dia pasang status yang isinya tiba" seneng. BOHONG BANGET ..
cuma pengen bikin saya malu gitu kali ya ..

hahaha ga akan bisa ngebohongin saya kamu mah ..
saya udah tau sifat dan ego kamu, jadi saya ga bakal di bohongin segampang itu :)

terimakasih Allah, engkau telah memperlihatkan kepada saya, baik dan BURUK nya sifat" orang tersebut.. :)

demi adikku, aku rela menjadi homo (drama agama)

story by : Amalia Purwanti (XI IPA 8 - SMANSA)

kisah ini berawal dari adikku yang sangat aku cintai mengalami leukimia. Dia bernama anisa. Aku berasal dari keluarga yang miskin. Ayahku meninggal dikala aku sekolah d SMP. Sekarang akulah tulang punggung keluarga. Aku bekerja serabutan. Penghasilan tak tentu hanya bisa dipakai untuk makan sehari. Apalagi sekarang ditambah beban adikku, aku harus bekerja tambah keras lagi untuk kesembuhannya.
Ibu DG : (marah,smabil melempari uang yang frydo berikan kepadanya) Frydo!!! Apa-apaan kamu? Cuma dapet segitu? Kalo hari ini kamu belum dapet uang yang lebih banyak, jangan harap kamu bisa pulang.
Frydo : (menundukkan kepala) iya bu, maaf. Tadi pasarnya sepi.
Ibu DG : ALESAN !!! Pokonya hari ini musti dapet uang lebih.
Frydo : tapi bu... kan sekarng aku mau sekolah.. hari ini pulang sore. Bagaimana aku bisa bekerja?
Ibu DG : mmhh.. okeh, terserah kamu. Awas kalo besok kamu masih dapet sgitu.!!
Frydo : (salam kepada ibunya) assalamua’laikum
Disekolah...
Hari itu ada anak baru yang memasuki kelas. Namanya Salman.
Guru : assalamua’laikum wr.wb, selamat pagi
Murid : waa’laikumsalam wr.wb, selamat pagi bu gurrruuuu.....
Guru : (celingak celinguk melihat ada orangbaru di kelas dan memanggilnya) hey kamu yang di belakang, kamu anak baru?
Salman : iyah bu. Pindahan dari jakarta
Guru : oh.. okeh, kita mulai pembahasan kita kali ini
Beberapa lama kemudian,
(bel istirahat)
Salman : (melihat ke bangku frydo dan tersenyum)
Frydo : (balas senyum. Dan menghampiri) hey.. lo pindahan ya?
Salman : (melihat tubuh fydo dari atas kebawah) kamu menarik.
Frydo : apa? Gue kan emang ganteng.
Salman : bukan ganteng, menarik. Mau ga jadi temen deket ku?
Frydo : apaa??
Salman : akan aku lakukan apa saja asal kau mau jadi teman dekatku.
Selama frydo dan salman mengobrol, anak-anak yang lain juga mengobrol .
Chintya : eh eh.. liat deh gelagat anak baru itu. Hiiiiiiihh... aneh
Fauziyyah : serasa punya firasat buruk ke itu anak.
Chintya : daritadi dia terus liatin si frydo. Jangan-jangan....
Ilham : (datang tiba-tiba) sshhhh... heh gibah!!! Hey chin, lu kan anak irema. Ga boleh gibah ih
Chintya : hih... aku kan cuma merhatiin anak baru doang.
Fauziyyah : iya nih aan . dateng-dateng
Pulang sekolah. Dirumah frydo
Frydo : assalamua’laikum.
Anisa : (berjalan teratih-atih menghampiri frydo kemudian salam) waalaikumsalam.. kakak??
Anisa : (batuk darah dan pingsan)
Ibu DG : (kaget dan berlari) ya allah... anisaaaaaaaaaa...bangun !! ibu tak punya uang buat kamu berobat! Kamu ga boleh kaya gini. Kamu harus kuat.
Ibu DG : (menatap frydo) frydo!!! Lihat ini.. kalau kamu tidak juga mendapat uang , fikirkan apa yang akan terjadi nanti pada adikmu.
Frydo : tapi bu, darimana aku bisa mendapat uang yang banyak untuk operasinya? Aku hanya serabutan!!!
Ibu dg : mikir sendiri!!!
Frydo memikirkan apa yang salman katakan tadi di sekolah. Ia terjebak dalam pilihan yang sulit.
Keesokan harinya frydo menghampiri salman yang sedang duduk di bangkunya.
Frydo : man, aku mau. Sekarang gue sadar akan apa yang lo katakan.
Salman : (tersenyum) baiklah, duduk sini.
Frydo : tar dulu ya, gue mau minta ijin aan dulu. (kemudian menghampiri aan)
Frydo meminta ijin kepada aan untuk duduk dengan salman.
Ilham : kenapa do?
Frydo : gue kasian ma dia.
(bu guru datang)
Guru : assalamua’laikum (aneh melihat frydo)
Guru : hey frydo? Kok disitu duduknya? Siapa yang nyuruh pindah?
Frydo gugup.
Fauziyyah : iyah tuh bu, frydo punya temen baru sekarang
Ilham : ini suruhan saya bu, kasihan anak baru, dia belum bisa interaksi sama yang laen. Jadi saya membiarkan frydo duduk dengan salman.
Guru : mmh.. oke, sekarang kita terusin yang kemaren...
Sektika itu frydo menjadi akrab dengan salman. Mereka sangat akrab seperti layaknya seorang kekasih.
Frydo : man, gue butuh duit. Lo kan kaya, pasti bisa minta ke orang tua lo
Salman : lo butuh brapa? Sejuta? Emang buat apa?
Frydo : boleh. Sekarang juga ada? Buat emak gue. Belum makan dirumah
Salman : oke. (mengeluarkan uang dari dompetnya)
Frydo : (memeluk salman) makasih ya.
Frydo pulang kerumah membawa apa yang ibunya inginkan. Ia berlari ke rumahnya. Dan langsung memanggil ibunya.
Frydo : (menunjukan yang didapat) ibuuuuuuuuu... nih liat frydo bawa duit ! ibu liat kan?? Kita kaya..
Ibu DG : (melotot dan kaget dengan apa yang frydo tunjukkan padanya) darimana kamu dapet itu. Sini. Berikan. !! usahakan besok kamu dapet lagi. Seenggaknya setengah ato sperempatnya.
Anisa : (tidur sambil menatap apa yang frydo bawa) kakak.... dapat darimana?? Apakah itu halal?
Frydo : jangan kamu tanya dapat darimana ya de. Kakak lakuin ini buat kamu.
Hari demi hari dilalui. Kemesraan frydo dengan salman tak bisa terpisahkan. Kemanapun ia pergi, salman selalu ada bersamanya. Ke kamar mandi, kantin, bahkan salman terlambat masuk pun, frydo juga begitu. Mereka sering berdua dikelas. Tetapi frydo juga selalu membawa uang kerumah. Ini menimbulkan kecurigaan teman-teman sekelasnya.
Chintya : frydo, kok lo jdi deket banget sih ma anak baru itu? Gue punya firasat buruk ma lo.
Fauiyyah : ih... frydo maho...
Chintya : maho apaan ji?
Fauziyyah : homo cin. Ih... jangan-jangan firasat gue bener.
Ilham : (datang tiba-tiba dan mengikuti pembicaraan) ssshhhh, eh do. Lo kenapa jadi kaya gini sih? Khawatir gue.
Frydo : kalian pada ngomong apaan sih? Gue kan Cuma temen deket doang ma dia,
Ilham : tapi yang gue liat, hubungan temenan lo ma si salamn ga wajar.
Fauziyyah : tuh kan, gue bilang juga apa. Frydo maho. Aan juga curiga.
Chintya : hiih....merinding.
Ilham : mending lo jujur aja do. Sebelum terlambat lu teh, takut tar kejauhan.
Frydo : ga usah ngatur idup gue.
Pada saat jam kosong, ilham dan chintya menghampiri guru wali kelasnya.
Chintya : bu, ibu liat sendiri kan apa yang terjadi sama frydo akhir-akhir ini?
Guru : ibu juga sering dapat laporan yang sama dari yang lain.
Ilham : yang saya harapkan, harus ada tindakan lanjut dari masalah ini.
Guru : oke. Nanti ibu coba memisahkan mereka
Kemudian guru datang memulai pelajaran.
Guru : assalamua’laikum...
Murid : waa’laikumsalam..
Guru : bosen ih liat kalian duduknya gini terus. Coba pda pindah deh. Biar semua kenal satu sama lain.
Disaat semua pindah, hanya frydo dan salman yang tak berpindah.
Guru : frydo. Salman!!!!! Kalian ga denger apa kata saya??? Cepet pindah.
Salman : engga... saya betah bu.
Stelah berulang kali dipaksa mereka tetap tak mau pindah. Guru terpaksa akan menghampiri orang tua frydo. Sementara frydo tidak pulang kerumah,melainkan kerumah salman.
Guru : begini bu, saya melihat adanya perubahan terhadap anak anda. Saya rasa anda harus tau itu.
Ibu DG : memangnya ada masalah ?
Guru : frydo terlihat sangat dekat dengan teman barunya . tapi...
Ibu DG : tapi kenapa bu???
Guru : hubungannya tidaklah lazim bagi seorang manusia . islam sanagt melaknat perbuatan tiu.
Ibu dg : Maksud Ibu dia itu...
Guru : benar, saya rasa butuh sikap lanjut dari keluarga sebagai orang terdekat.
Ibu dg : terimakasih bu, saya akan berusaha
Tak sengaja anisa mendengar pembicaraan tiu kemudian ia jatuh tersungkur seketika itu juga tanpa ibunya ketahui.
Kemudian ibu guru meninggalkan rumah frydo. Sementara itu dirumah salman....
Salman : aku ingin melakukan sesuatu..
Frydo : maksudmu?
Salman : kau tau sendiri, aku adalah pacarmu. Tapi kita belum melakukan apapun. (salman kemuadian mendekati frydo dgn tatapan aneh)
Frydo : tungguuuuu ..... (mendorong salman), maaf man, tapi guee....
Salman : kenapa?
Frydo : gue ga siap.
Salman : loh? Kan kita udah lama hubungan??
Frydo : gue... sebenarnya ga suka sama lo. gue cuma pura-pura. semua gue lakuin cuma buat ade gue yang sakit. maaf man...
Salman : apaaaaa?????
Ketika frydo pulang kerumah, ia mendapati rumahnya dikerumuni banyak orang. Dan ada bendera kuning. Banyak pula temannya disitu.
Frydo : an, ada apa ni??
Ilham : ade lo….
Frydo : ade gue kenapa?
Fauziyah : ade lo udah sama ALLAH do.
Frydo : apa????
Seketika itu ia menangis.
Ibu dg : frydo, adikmu meninggal setelah ia tak sengaja mendengarkan pembicaraan ibu dan gurumu. Maafkan ibu.
Frydo : tidaaaaaaaaaaaaakkkk….
Chintya : do, kalo lo punya masalah, lo haarus cerita ke kita. Buat apa ada temen klao bukan buat cerita?
Ilham : lo juga harus jujur ma kita . jangan negbohong ma diri lo sendiri. Karena kebohogan tu bakal tarsus dilakukan buat menutup kebohongan lain. Sesuai sama siaft nabi. Ia selalu jujur meskipun susah
Frydo akhirnya menyesal..