Wednesday, March 31, 2010

Kekecewaan Yang Terganti (tugas cerpen bahasa Indonesia)

Kekecewaan Yang Terganti

“Yah pokoknya yang mau ikutan study banding ke Singapore, nanti pulang sekolah ditunggu di perpustakaan.” ucap Luthfy, KM di kelas ku.

Suasana di kelas ribut, sebagian besar anak di kelas membicarakan study banding tersebut. Tapi ada juga yang gak peduli, ada yang dengerin musik, Facebook-an dan banyak deh macam-macam, soalnya waktu itu di kelas gak ada guru.

Gak lama, bel istirahat ke dua pun berbunyi. Aku, Sam dan teman-teman lainnya segera ke masjid untuk melaksanakan shalat dzuhur. Waktu lagi nunggu temen lainnya yang masih solat, aku dan yang lainnya berbicara tentang Singapore itu.

“Kira-kira pada mau ikut ga kalian semua?” Aghnia bertanya pada ku dan yang lainnya. Semua hanya bertatapan, ada yang mengangguk, ada yang geleng-geleng, ada yang cuma ngelihatin aja.

“Aku mah gimana nanti, pikir-pikir dulu.. belum bilang ke ortu juga.” jawab Sam.

“Bener tuh, iya bener!” sahut anak-anak lainnya tanda setuju. Sementara aku hanya diam aja. Masih bingung mau bilang apa. Pusing. Di satu sisi pingin banget ikut. Secara ya, aku kan sebelumnya ga pernaaaaah ke luar negeri. Tapi di sisi lain, aku juga mikirin kondisi ortu aku. Aku gak mau nyusahin atau ngerepotin mereka dengan harus mengeluarkan biaya cukup besar. Soalnya pas hari sebelumnya, Luthfy kasih tau persyaratan-persyaratan untuk ikut ke Singapore itu. Harus punya pasport, kartu NPWP, uang dua JUTA lima ratus ribu dan buat bekel di sana. Wah... itu pasti makan biaya sekitar lima JUTAan atau lebih.

Setelah semuanya selesai shalat, kami segera kembali ke kelas. Di saat itu aku masih mikir-mikir, aku ikut apa nggak ya ke Singapore?

“Woy, ikut ke Singapore ga, nis?” pertanyaan Sam membangunkanku dari lamunanku.

“Eh, hmm... gak tau nih aku juga bingung. Pengen mah sih pasti lahh... Tapi ya itu, belum bilang sama ortu.” jawabku.

“Iya, tapi aku juga pengen sih..” kata Sam.

Waktu berlalu, dan jam pulang sekolah pun tiba. Temen-temen yang mau ikut ke Singapore nunggu di depan perpustakaan. Tapi aku masih bingung dan gak tau mau ke perpus apa nggak. Dan saat itu, kakak kelas ku yang bernama kak Ganis dan kak Zaky menghampiriku.

“Hayooo... ngapain di sini?” tanya kak Ganis.

“Eh, kakak... aku bingung nih.” jawab ku.

“Bingung kenapa, nis?” tanya kak Zaky.

“Yaaah.. kan mau ada study banding ke Singapore tuh, nisa bingung.. nisa ikut apa nggak?” kata ku bingung.

“Yah kalo kamu mau mah ya ikut aja atuh nis.. buat pengalaman kan lumayan tuh.” kata kak Ganis.

“Tapi belum bilang sama mama papa..” kata aku lagi.

“Ya udah atuh bilang dulu..” kak Ganis berkata sambil tersenyum.

“Kakak-kakak ini... pada ikut gak?” tanya ku ke kak Ganis dan kak Zaky. Mereka berdua berpandangan dan dengan serentak mereka ngejawab “enggak!”

“Wew... kompak pisan, hahaha dasar d’Gamerz”Kata ku bercanda sambil tertawa kecil.

“Hahahaa iya donk, mending ke Desa. Ya ngga, Zak?” ucap kak Ganis sambil tertawa.

“Yoaaa.. Hahahahaa” jawab kak Zaky sambil mendengarkan musik lewat headsetnya.

Tak lama, aku melihat Sam, Chae, Vita dan yang lainnya keluar dari perpustakaan. Aku pun segera menghampiri mereka.

“Oy.. kok sebentar banget, sih? Emang pengumumannya apa aja?” tanya ku kepada mereka yang baru ke luar.

“Gak jadi... katanya besok, cenah...” jawab Chae.

“Oh...” kata ku sambil mengangguk.

“Kamu mau ikut ga, nis?” tanya Vita.

“Aku, haha.. ga tau, Vit.. aku mah gimana mama papa aja..” jawabku.

“Mau sampe kapan di sini? Mau pulang kapan?” tanya Sam pada ku.

“Hmm...” aku pun melihat jam dan.. “Yuph! kita pulang sekarang, yuk!” aku menarik tangan Sam dan teman lainnya. Tapi aku berbalik ke arah kak Ganis dan kak Zaky.

“Kakak-kakak... aku pulang duluan ya? dadaaaaaahhhhhh...” kata ku sambil melambaikan tangan pada mereka.

“Iyaa... hati-hati, yaa” ucap mereka berdua.

Sesampainya di rumah, aku pun segera membicarakannya kepada mama papa. Setelah ku jelaskan, mereka terdiam sejenak.

“Kamu bener-bener mau?” tanya mama ku. aku hanya mengangguk dan berkata

“Ya tapi gimana mama juga sih..”

“Kalo kamu mau ya kita usahain ya pa?” tanya mama ku pada papa. Papaku hanya mengangguk.

Aku diam lagi, mikir-mikir apa jadinya kalo aku ikut, dan apa jadinya kalo aku gak ikut.

“Ya udah, kamu pikir-pikir lagi aja.. kayak yang ragu-ragu nisa nya juga” ucap Papa ku.

Hmm.. emang bener sih, ragu-ragu. hahahaha...

Dan malamnya, aku, papa dan mama ngobrol lagi sambil nonton TV.

“Nisa... mama sama papa udah ngomongin tadi..” ucap mama.

“Gimana, ma?” tanya ku.

“Bukannya mama sama papa ga ngebolehin kamu ikut ke Singapore, tapi.. biayanya dipake buat kebutuhan lain. Jadi, ya maaf banget bukannya gak boleh..” ucap papa ku.

“Gimana? gak apa-apa ya, nisa?” tanya mama memastikan.

“Hahaha.. ya udah gak apa-apa koq.” jawab ku sambil tertawa. aku udah tau, kondisi kayak gini bakal terjadi. Lagian aku gak bisa maksa mama dan papa aku biar aku bisa ke Singapore.

“Bener nih, gak apa-apa?” tanya mama ku sekali lagi untuk memastikan.

“Iya ih gak apa-apa... Nyantai aja maaaah..” ucap ku sambil tersenyum.

Beberapa hari kemudian, hari sabtu malam tepatnya.. aku dan kedua orang tuaku ngobrol-ngobrol lagi seperti biasa.

“Nisa, minggu ada acara ga?” tanya mama ku.

“Hm? ngga ada, maaaah... kenapa gitu?” tanya ku penasaran.

“Ke Bandung, yuk?!” ajak mama ku.

“Hah? ngapain? tumben?” tanya ku lagi heran.

“Iya udah lah... besok aja ikut, oke?” kata Papa ku.

“Yah udah lah, iyah nisa ikut. Males banget hari minggu sendirian di rumah gak ada siapa-siapa” jawab ku.

Esok harinya, hari minggu tanggal 15 November... teman-teman ku yang lain berangkat ke Singapore, sementara aku berangkat ke Bandung. Hahaha...

Sesampainya di sana, aku diajak makan-makan, ke Gramedia. Biasaa.. beli komik. hahaha... Dan tujuan terakhir, mama ngajak aku ke BEC. aku masuk ke sana sama ortu ku. Aku heran, mau ngapain kita ke sini?
“Ma, mau ngapain kita ke BEC?” tanya ku heran.

“Beli notebook buat kamu.” jawab mama sambil tersenyum.

“Hah?! beneran ma?” tanya ku kaget.

“Iyaaa.. masa mama ngebohong sih?” jawab mama ku.

“Hahahahaha....” aku hanya bisa tertawa dan tersenyum senang karena gak nyangka, mama bakal beliin aku notebook tiba-tiba.

“Tapi mama, kenapa beliin nisa notebook tiba-tiba?” tanya ku lagi.

“Yaaaah anggep aja ini sebagai tanda ganti nisa ga ikut ke Singapore. hehehe” jawab mama sambil tertawa kecil.

“Hahahaha... dasar mama...” jawabku sambil tertawa senang.

Setelah keliling-keliling BEC kurang lebih satu jam, akhirnya aku beli notebook yang sesuai dengan yang aku mau. haha... seneg! Makasih mama, bapa . hehehe...

Dan sorenya, kami pun pulang ke Purwakarta. Hari itu memang hari yang melelahkan. Tapi juga menyenangkan. Gak nyangka, kekecewaan ku yang gak ikut ke Singapore jadi terganti dengan dibelikannya notebook baru. Hehehe...

No comments:

Post a Comment